Minggu, 01 Desember 2013

Sekapur Sirih Seulas Pinang

Terima Kasih dan Selamat datang ke Blog Caleg Kalbar 2014 (saya lebih suka menyingkatnya dengan kata CK2014).
Sebelumnya saya sampaikan ucapan syukur dan Alhamdulillah kepada rekan2 pengunjung telah bersedia menyempatkan waktu singgah ke Blog ini. Sebelum jauh melangkah, saya ingin memperkenalkan diri terlebih dahulu..
Nama saya Fajrin, lengkapnya Muhammad Fajrin, kalo dibilang muda. Saya sepakat bahwa usia tidak menghalangi kreatifitas dalam membangun sesuatu yang positif.
CK2014 merupakan blog yg saya bangun awal tahun 2013, blog ini bersifat statis yang artinya informasi di blog ini hanya diupdate sesuai dengan kebutuhan dan pesanan.
Pemilu 2014 merupakan Pemilu yang melibatkan  12 Partai Politik dan 3 Partai Politik Lokal Aceh, lamanya kampanye merupakan ruang bagi caleg untuk mensosialisasikan diri secara maksimal di masyarakat. Blog ini berupaya memberikan informasi bagi masyarakat tentang para calon legislative di pemilu 2014 yang akan datang, baik partai maupun nomor urutnya.
Saya agak kurang suka disebut owner, pemilik, founder atau yang lainnya terkait dengan blog ini, namun saya lebih familiar untuk disapa sebagai admin blog.
Sebagai seorang admin saya harus mengatur tampilan, menginput nama caleg per dapil dan menghimpunnya di  partai masing-masing.  Data yang saya gunakan merupakan data Daftar Calon Sementara yg dikeluarkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Data tersebut saya temukan dikoran-koran bekas bacaan di warung kopi tempat saya biasa mengakses internet. Bukan perkara mudah untuk melakukan itu semua, namun mengingat reproduksi informasi ini bermanfaat maka saya melakukannya dengan senang hati.
Pemilu dan pesertanya sangatlah membutuhkan ruang yang dapat diakses oleh semua orang dengan menggunakan sentuhan teknologi, maka tak berlebihan jikalau CK2014 menjadi solusi alternative yang tersedia guna menunjang kebutuhan informasi  tentang caleg selama 24 Jam nonstop.
Beberapa kolega bahkan ada yang mempertanyakan motivasi dibangunnya blog ini, jujur sebagai admin saya juga bingung menjawabnya, namun satu-satunya alasan bagi saya untuk membuat blog ini adalah keengganan saya untuk mendengar keluhan para pemilih di pemilu yang bingung akan memilih siapa di pesta demokrasi nanti. Walaupun keluhan tersebut tidak disampaikan secara terbuka.. Blog ini hadir di dunia maya, sebagai alasan bahwa informasi tentang peserta pemilu merupakan hak public masyarakat untuk mengetahuinya.
Alasan itulah yang mendorong admin untuk berusaha mensosialisasikan peserta pemilu tanpa perlu embel2 kepentingan secara kelembagaan.  Dan beberapa sindiran dari Kolega yang belum sempat saya jawab pada pertemuan-pertemuan secara offline salah satunya adalah Untuk berpartisipasi dalam pemilu tidak mesti menjadi penyelenggara pemilu. Menjadi Peserta Pemilu atau Caleg merupakan sebuah penghargaan besar dari Partai Politik sebagai Institusi yang mendistribusikan pejabat-pejabat public pemegang kekuasaan. Dan menjadi Partisipan/ Relawan Pemilu juga pilihan secara personal untuk membantu Negara dalam keberlanjutan pemerintahan.
Apakah cukup hanya dengan menampung nama dan dapil saja untuk dipublikasikan? Saya rasa tidaklah cukup, Pemilih membutuhkan informasi yang lengkap mengenai caleg yang akan dipilihnya, hal ini juga mendorong saya untuk tidak berhenti mengupdate informasi-informasi mengenai caleg di blog ini. Poto atau gambar para caleg memang tidak disediakan oleh KPU di surat-surat kabar tempo hari, dan hal itu menjadi jawaban tentang ketiadaan poto para caleg di blog ini. Kalopun ada beberapa nama memiliki poto dan link informasi  bukan dikarenakan admin memilih, namun caleg tersebut berupaya untuk menghubungi admin dan mengirim poto/gambar tersebut ke admin. (Untuk mekanisme pemasangan poto dan link informasi, caleg atau tim sukses dapat menghubungi admin di kolom kontak pada pilihan diatas.)

Demikianlah sekapur sirih dan seulas pinang dalam blog CalegKalbar 2014 ini, admin memohon  maaf sebesar-besarnya jika ada kata dan perilaku yang kurang berkenan di blog ini. Akhir kata admin mengucapkan sekali lagi terima kasih atas kunjungannya.

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar