Jumat, 08 Februari 2019

H. ISHAK SALEH : Dari Aktivis Mahasiswa ke Senator Indonesia



H. Ishaq saleh adalah tokoh politik Nasional dimana kiprah beliau sebagai anggota DPR-RI belaiau juga pernah menjabat Anggota DPD - RIsemasa beliau menjabat sangat getol memperjuangkan DOB Kapuas Raya, Irman Gusman ketua DPD - RI pada waktu itu beberapa kali turun kesintang,

H.Ishaq saleh juga sebagai tokoh pergerakan mahasiswa sejak 1960an, beliau salah satu tokoh pendiri IMM di Indonesia, rekam jejak beliau msh tercatat dengan baik, IMM didirikan pada 1964 dimana Ishaq saleh bersama beberapa tokoh Muda Muhammadiyah salah satunya adalah Moh. Jazman alkindi yang juga tokoh pendiri HMI, kiprah H.ishaq saleh sejak beliau mahasiswa tahun 60an sudah sejajar dengan tokoh2 pemuda Nasional,

Beberapa waktu setelah berdirinya IMM ditingkat nasional maka beliau mendirikan IMM dikalbar, sebagai bidan yang melahirkan tentu Ishaq saleh mengasuh dan merawat IMM dengan penuh tanggung jawab hingga IMM Kalbar eksis hingga saat ini.

Semasa beliau Anggota DPRD kota 1968 hingga anggota DPRD propinsi Kalbar hingga DPR -RI dan DPD - RI perjuangan utk pergerakan pemuda dan mahasiswa  selalu menjadi fokus beliau, kontribusi serta peran tidak pernah surut termasuk saat terjadi tragedi berdarah di area Universitas tanjung pura Pontianak dimana pergerakan reformasi yang diperjuangkan mahasiswa Kalbar terus digulirkan hingga terjadi tragedi meninggalnya almarhum Safarudin. H.ishaq saleh bersama para aktivis  dengan perhatian dan kepeduliannya terus berjuang utk mengungkap pelaku penembakan yang menyebabkan almarhum Syafarudin meninggal dunia kemudian Ishaq saleh bersama para aktivis membentuk yayasan utk mendokumentasikan serta berjuang terus utk reformasi.

H.Ishaq saleh tidak saja sebagai bapak IMM Kalbar beliau juga tetap memberikan perhatian penuh kepada para aktivis pemuda dan mahasiswa organisasi2 lainnya hampir semua aktivis lintas organisasi dan lintas ideologi dikalbar ini dekat dengan beliau.

Ishaq saleh sebagai tokoh Muhammadiyah Kalbar beliau juga punya andil besar membidani Partai yang lahir di era reformasi yaitu PAN hingga hadirnya PAN dikalbar juga tidak terlepas dari perjuangan beliau.

Waktu,fikirann,tenaga dan dana total beliau curahkan utk pergerakan dikalbar.

H.ishaq saleh sebagai orang tua dari keluarga sukses mendidik anak2 ya hingga menjadi pribadi yang sukses baik karier, pekerjaan dan yang paling luar biasa adakah anak-anak beliau memiliki Budi pekerti yg mulia, ramah, tidak sombong, menghargai siapapun, kalangan manapun, sopan santun,begitu juga menantu2 beliau, salah satu anak beliau yang karier sedang bagus2 nya adalah Oscar Primadi adalah sekjend dikementerian Kesehatan dengan karier baik tapi secara pribadi tetap ramah dan santun kepada siapapun.

Kami sebagai Aktivis asuhan dan didikannya banyak sekali menimba manfaat dari segala upaya dan perjuangan almarhum, segala amal perjuangannya di manapun akan abadi dan mengalir terus manfaatnya terutama dikalbar ini.

Datok !! Itulah panggilan kami karena beliau Datok nya IMM Kalbar,karena IMM Kalbar hadir dan hidup karena beliau.

Datok terimakasih atas segala yg engkau berikan pada kami hingga adik2 kami msh tegak berdiri sampai hari ini.

Selamat jalan Datok ! Doa dan sholawat kami mengiringi perjalanan abadiku,

Kami yakin Datok di sana akan menjalani kehidupan yang sesungguhnya dimana kehidupan itu tidak ada mati, tidak lagi haus dan lapar, tidak ada capek sakit dan lelah karena disanalah kesempurnaan itu.

Datok !! Semoga Allah dzat yg maha mulia segera memuliakanmu Krn amal dan perjuanganmu selama ini.

Selamat jalan Datok H.Ishaq saleh kami akan memanfaatkan segala ilmu dan tauladan darimu.

Semoga Allah SWT memuliakan dan merahmati Almarhum di alam sana, Amiiin

(Bersambung...)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar